TINGKATKAN JIWA NASIONALISME, SATGAS PAMTAS YONIF R 142/KJ BERIKAN PEMBEKALAN BELA NEGARA

BELU. yonifraider142.net – Dalam rangka meningkatkan jiwa Nasionalisme dan cinta tanah air di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, personel Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Raider 142/KJ memberikan pembekalan Bela Negara kepada siswa-siswi SMPN (Sekolah Menengah Pertama Negeri) 2 Silawan yang berada di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Atambua Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Sabtu (14/3/2020)

Dikatakan Dansatgas, kegiatan yang dilakukan oleh personel Pos Damar pada Selasa (10/3/2020) tersebut guna meningkatkan jiwa Nasionalisme dan cinta tanah air di wilayah perbatasan RI-RDTL.

“Sebelum penugasan, para personel telah disiapkan dengan berbagai keahlian dan keterampilan guna mendukung tugas pokok,” ujarnya.

“Seperti tenaga pendidik, pertanian, penyuluhan, tehnik mesin, kesehatan, kerajinan tangan, pertukangan serta keterampilan lain,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan pimpinan Serda Dolly Afandi bersama empat orang anggota, mereka memberikan pemahaman tentang Bela Negara kepada 40 orang pelajar kelas VII dan VIII SMPN 2 Silawan.

“Materi yang disampaikan antara lain 4 pilar Kebangsaan, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika serta Tolerasi dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya

“Kegiatan ini terlaksana berkat adanya koordinasi, kerjasama dan komunikasi antara Satgas bersama pihak SMPN 2 Silawan yang terjalin dengan baik selama ini,” tambahnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini dapat membentengi diri para pemuda-pemudi selaku generasi penerus Bangsa dari pengaruh-pengaruh yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa dengan nemanfaatkan kemajuan teknologi saat ini.

Ditempat terpisah, Kepala Sekolah SMPN 2 Silawan Bapak Petrus (50) mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas yang telah membekali anak didiknya dengan materi Bela Negara.

“Anak didik kami sangat tertarik sekali dengan materi yang disampaikan oleh rekan-rekan TNI, harapan kami semoga timbul karakter dan sikap yang kuat terhadap NKRI sehingga mereka lebih semangat dalam meraih cita-citanya setinggi mungkin, terima kasih TNI,” tandasnya.

Updated: Maret 14, 2020 — 5:48 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *