SATGAS PAMTAS YONIF R 142/KJ TINDAKLANJUTI UPAYA PENCEGAHAN WABAH COVID-19

BELU. yonifraider142.net – Dalam rangka mencegah wabah Covid-19 yang sedang terjadi, personel Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ mengambil langkah pencegahan dengan melakukan penyemprotan cairan Hidro Klorin di Markas Komando (Mako) utama mereka yang berada di Jln. Meo Otu Hale Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Atambua Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Minggu (22/3/2020)

Dikatakan Dansatgas, kegiatan yang dilakukan oleh personel kesehatan Satgas pada Jum’at (20/3/2020) tersebut adalah sebagai tindakan antisipasi penyebaran wabah Covid-19 di lingkungan Satgas.

“Covid-19 merupakan Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia di daerah Wuhan, Provinsi Hubei, China pada tahun 2019, yang dapat menyerang manusia dan hewan, pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan, mulai dari flu biasa hingga penyakit serius, seperti MERS dan SARS,” ujarnya.

“Kami telah melakukan himbauan kepada seluruh personel Satgas terkait Covid-19, baik berupa gambar-gambar, anjuran dan larangan sesuai ST (Surat Telegram) dari Satuan Atas, sehingga kami berupaya melakukan tindakan pencegahan berupa penyemprotan Hidro Klorin dan menyediakan alat pencuci tangan mengunakan Sabun bagi warga yang berkunjung ke Mako Satgas maupun personel Satgas,” terangnya

Lebih lanjut dikatakan, dengan pimpinan Serka Yudistira bersama 3 orang dari tim kesehatan Satgas, kami melakukan penyemprotan Hidro Klorin di Mako Satgas sebagai upaya pencegahan dari wabah Covid-19.

“Cara melindungi diri Covid-19 antara lain yaitu rajin mencuci tangan dengan sabun, ketika batuk atau bersin jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung menggunakan tissue, sapu tangan atau lipatan siku, hindari kontak dekat dengan orang yang menunjukkan gejala Covid-19, hindari kerumunan dan hendaknya menjaga jarak lebih dari 1 meter dengan orang di sekitar (social distancing),” tuturnya.

“Selain Surat Telegram dari Satuan Atas, tindakan pencegahan yang kami lakukan berdasarkan situs resmi informasi tentang Covid-19 dari Pemerintah Pusat di http://www.covid19.go.id 0811 333 99 000,” tambahnya.

Dirinya berharap, semoga wabah Covid-19 yang sedang berkembang dapat segera diatasi mengingat tingginya tingkat penyebaran wabah tersebut sehingga menimbulkan gejolak di masyarakat serta menjadi permasalahan Nasional di Indonesia.

Sementara itu, Dokter Satgas Letda Ckm dr. Diggivio menyarankan kepada setiap personel Satgas untuk melaksanakan pencegahan yang telah dianjurkan guna menghindari penularan wabah Covid-19.

“Saya sangat berharap agar setiap personel Satgas menyadari dampak yang ditimbulkan dari Covid-19, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain,” tandasnya.

Updated: Maret 22, 2020 — 6:05 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *